Seleksi Anggota Paskibraka Tingkat SLTA Kota Samarinda

2019-03-27

Seleksi Anggota Paskibraka Tingkat SLTA Kota Samarinda

SAMARINDA – Sebanyak 124 siswa SMA/SMK dan MA se-Kota Samarinda mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka Kota Samarinda tahun 2019 yang digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Samarinda. Seleksi ini digelar selama 2 hari yaitu pada 27-28 Maret 2019.

Kegiatan ini dibuka Walikota Samarinda yang diwakili Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan, Pitermen. Dalam sambutannya Pitermen mengatakan, mengapresiasi tingginya minat siswa di Kota Samarinda yang ingin menjadi anggota Paskibraka, walaupun kuotanya sangat terbatas.

Walaupun jumlah pendaftar meningkat, tercatat sebanyak 124 siswa dengan rincian 67 putra dan 58 putri mengikuti seleksi paskibraka tahun 2019 ini, tetapi kuota yang diterima hanya 8 siswa orang. Dimana 4 Siswa akan dikirim ke tingkat Provinsi dan Nasional masing-masing 2 putra dan 2 putri, dan 4 siswa lainnya terpilih sebagai cadangan.

seleksi ini tidak semata-mata seleksi bentuk fisik saja tetapi juga ada seleksi pengetahuan umum, baik tertulis maupun wawancara. Setiap peserta mengikuti semua rangkaian seleksi, baik kesamaptaan maupun wawancara.

Semua rangkaian seleksi ini diserahkan kepada panitia seleksi untuk mencari calon anggota Paskibraka terbaik. Penilaian seleksi ini sangat objektif dan tidak ada titipan dari siapapun, karena berpengaruh pada saat mereka menjalankan tugas nantinya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan putra-putri terbaik  yang akan lolos dan menjadi duta untuk sekolah mereka masing-masing. terutama yang berkaitan dengan peningkatan karakter siswa itu sendiri.

Sementara itu Kabid. Pengembangan Pemuda Dispora Kota Samarinda selaku Ketua Panitia, M. Fawzi mengatakan, ada 4 tahapan seleksi yang akan diikuti peserta Paskibraka Kota Samarinda. Pertama seleksi kesehatan, kedua kesamaptaan dan baris berbaris, ketiga wawancara.

Panitia seleksi terdiri dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Samarinda, Anggota Kepolisian, Alumni JPD dan Pihak Dispora Kota Samarinda, Semua seleksi berjalan ketat dan objektif untuk mendapatkan anggota Paskibraka terbaik.